Ingin kerja di Jepang ? yuk cari tahu informasinya

Ingin kerja di Jepang ? yuk cari tahu informasinya

kenshusei-sakuramitra.com

Kita semua tahu Jepang adalah Negara maju di Asia

Jepang juga menjadi Negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar ketiga di dunia. Jepang juga berhasil menyebarluaskan budayanya ke seluruh penjuru dunia. Jadi tidak aneh jika banyak orang ingin bekerja di negeri sakura ini.

Pertumbuhan Peduduk Jepang

Sebenarnya kondisi sumber daya manusia atau tenaga kerja di Jepang saat ini juga cukup mengkhawatirkan. Akibat turunnya angka pernikahan dan angka kelahiran bayi secara drastis, Jepang semakin kekurangan pekerja usia produktif. Banyak orang Jepang memutuskan untuk tidak memiliki anak atau hanya mempunyai satu sampai dua anak saja dengan pertimbangan biaya hidup dan biaya pendidikan yang tinggi.

Gaji

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengenai besaran gaji bekerja di Jepang ?

Ada beberapa informasi mengenai pendapatan atau gaji yang diperoleh teman-teman kenshusei, gaji yang mereka terima besarannya bergantung pada wilayah dimana mereka tinggal. Kalau di Indonesia namanya UMR, Upah Minimum Regional. Tapi sebagai gambaran, besaran gaji kotor (take home pay) yang diterima berada di kisaran ¥120.000 – ¥140.000 per bulan, atau kurang lebih sekitar 13-16 juta rupiah.

Gaji bersihnya, setelah dipotong pajak, asuransi (houken), uang pensiun (nenkin), dan lain-lain mungkin sekitar ¥100.000 yen atau sebesar 13 juta rupiah. Ini berdasarkan informasi dari teman-teman Kenshusei di Wakamatsu, Prefektur Fukuoka. Di tempat lain, boleh jadi berbeda. Tapi jangan khawatir, untuk nenkin, setelah menyelesaikan masa tugas dan kembali ke Indonesia dapat dicairkan.

Pada dasar nya, Gaji berbeda berdasarkan tempat kerja masing-masing. Tetapi, dalam profesi yang sama perbedaan nya tidak terlalu signifikan

1. Calon Kanggoshi (Sebelum lulus ujian nasional) :

Biasanya akan mendapatkan gaji kotor sekitar ¥ 150.000 – ¥ 160.000. Setelah dipotong Pajak, Asuransi, Asrama/sewa rumah, teman-teman akan menerima Gaji bersih sekitar ¥100.000 – ¥110.000 atau setara dengan 13-14,5 juta Rupiah (dengan perkalian Kurs 1 Yen = 130 Rupiah).
Note:
— Nominal tersebut belum termasuk potongan biaya gas, listrik, air, makan dan Jalan-jalan, hehehe.
— Biasanya gaji calon kanggoshi cukup seragam dan hampir sama.
— Calon Kanggoshi umum nya tinggal di asrama

Lihat Persyaratan untuk pendaftaran kerja ke Jepang
Lihat juga cara mendapatkan Program Beasiswa belajar Bahasa Jepang

2. Kanggoshi (Sudah lulus ujian nasional) :

Biasanya akan mendapatkan gaji kotor sekitar ¥ 350.000 – ¥ 420.000 (dengan 4-5 kali dinas malam). Setelah dipotong Pajak~Asuransi, teman-teman akan menerima Gaji bersih sekitar ¥ 300.000 – ¥ 320.000 atau setara dengan 39-41,5 juta Rupiah (dengan perkalian Kurs 1 Yen = 130 Rupiah).
Note:
— Nominal tersebut belum termasuk potongan biaya rumah, gas, listrik, air, makan dan Jalan-jalan, hehehe.
— Biasanya gaji kanggoshi cukup bervariasi. Tergantung masa kerja, tugas tambahan Leader, tunjangan anak/keluarga.

3. Calon Kaigofukushi (Sebelum lulus ujian nasional) :

Biasanya akan mendapatkan gaji kotor sekitar ¥ 170.000 – ¥ 200.000. Setelah dipotong Pajak, Asuransi, Asrama/sewa rumah, teman-teman akan menerima Gaji bersih sekitar ¥ 130.000 – ¥140.000 atau setara dengan 16,5-18 juta Rupiah (dengan perkalian Kurs 1 Yen = 130 Rupiah).
Note:
— Nominal tersebut belum termasuk potongan biaya gas, listrik, air, makan dan jalan-jalan, hehehe.
— Biasanya gaji calon kaiggofukushi cukup bervariasi, berdasarkan kesempatan dinas malam.
— Calon Kaigofukushi umum nya tinggal di asrama

4. Kaigofukushi (Sudah lulus ujian nasional) :

Biasanya akan mendapatkan gaji kotor sekitar ¥ 240.000 – ¥ 250.000 (dengan 4 sampai 5 kali masuk shif malam). Setelah dipotong Pajak~Asuransi, teman-teman akan menerima Gaji bersih sekitar ¥ 200.000 – ¥ 210.000 atau setara dengan 26-27,3 juta Rupiah (dengan perkalian Kurs 1 Yen = 130 Rupiah).
Note:
— Nominal tersebut belum termasuk potongan biaya rumah, gas, listrik, air, makan dan jalan-jalan, hehehe.
— Biasanya gaji kaigofukushi cukup bervariasi. Tergantung masa kerja, tugas tambahan Leader, tunjangan anak/keluarga.

Istilah Karoshi

Banyak yang bilang orang Jepang sangat suka bekerja keras, berorientasi pada kelompok, dan lain-lain. Saking seriusnya bekerja, orang Jepang suka lupa waktu. Pekerja Jepang memang terkenal dengan dedikasi dan kesetiaan yang tinggi pada perusahaannya bekerja. Mereka juga mampu bekerja selama berjam-jam. Sampai-sampai ada istilah karoshi yang artinya bekeja sampai mati.

Usia Senja di Jepang

Di sisi lain angka harapan hidup orang-orang di Jepang sangat tinggi sehingga pekerja di Jepang didominasi oleh orang-orang berumur 50 tahun ke atas yang masih bugar dan dapat bekerja. Dengan adanya fakta ini Jepang membutuhkan keberadaan tenaga kerja profesional dari Negara lain seperti dari Indonesia.

Nah, teman-teman itulah tadi beberapa informasi tentang negara jepang. Buat teman-teman yang tertarik untuk bekerja ke jepang, bisa cari tahu dulu informasi pendafatran dan persyaratannya disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 | sakuramitra.com
All rights reserved.
Visitors