Info Tokutei Ginou

Apa itu TOKUTEI GINOU VISA?
Tokutei Ginou secara harfiah memiliki arti “Specific Technical Skill Visa” atau “Visa Keahlian Khusus” atau sekarang dikenal dengan SSW (Specified Skilled Worker).

Persyaratan Utama Tokutei Ginou / SSW VISA :
1. Usia minimal 18 tahun & maksimal tidak ada batasan usia
2. Lulus JLPT N4 atau JFT-Basic A2
3. Lulus Skill Test / Tes Bidang

Ada 14 Bidang Pekerjaan dalam Tokutei Ginou VISA :
– Konstruksi bangunan
– Pertanian
– Pembuatan kapal dan mesin kapal
– Perikanan dan akuakultur
– Pembuatan bahan makanan dan minuman
– Perawat lansia
– Manajemen kebersihan gedung
– Restoran
– Penginapan dan hospitality
– Industri komponen dan perkakas mesin
– Industri permesinan
– Teknik listrik, ekektronik dan informasi
– Penerbangan
– Perbaikan dan pemeliharaan mobil

Apakah TOKUTEI GINOU VISA dan SHUROU VISA itu sama?
Berbeda, Visa Shuro adalah istilah umum yang mengacu pada berbagai jenis VISA Kerja di Jepang. Tokukei Ginou adalah Visa Keahlian Khusus yang dimulai dari April 2019.

Eks-Kenshuusei / Eks-Jisshuusei bisa daftar ?
Bisa! Asalkan data-data ketika Kenshuusei atau Jishuusei yang dulu lengkap. Terutama data sertifikat penyelesaian program dari JITCO atau OTIT, CV & FORMULIR  CoE yang dikumpulkan ke Imigrasi Jepang ketika dulu mendaftar sebagai Kenshuusei atau Jishuusei yang selanjutnya dinamakan Hyouka Chouso.

評価調書 (Hyouka Chouso) Bisa diartikan sebagai lembar rekaman penilaian atau catatan evaluasi. berasal dari kanji Hyouka (penilaian) dan Chouso (rekaman). Sehubungan dengan pengumuman dari pemerintah jepang mengenai ijin tinggal yang terbaru dari Tokutei Ginou, menyatakan bahwa peserta pelatihan magang jepang yang telah menyelesaikan kontrak sebagai pekerja magang bisa datang kembali bekerja di Jepang di bidang pekerjaan yang sama dengan syarat melampirkan Senmonkyu.

Untuk mendapatkan senmonkyu ini peserta harus mengikuti dan lulus ujian teknis level 3 yang diselenggarakan di jepang sebelum kembali ke Indonesia. Ujian teknis level 3 ini baru diselenggarakan di jepang mulai tahun 2018. Bagi peserta pelatihan kerja magang pada kepulangan sebelum tahun 2018 umumnya tidak memiliki senmonkyu. Untuk menggantikan senmonkyu tersebut, para calon peserta Tokutei Ginou harus mendapatkan yang namanya Hyouka Chouso ini.

Hyouka Chouso

Hyouka Chousho dikeluarkan oleh perusahaan dan perwakilan/kumiai saat magang dengan mengacu pada penilaian peserta saat melakukan praktek magang di perusahaan:

  1. Absensi kehadiran kerja
  2. Kemahiran komunikasi, berkoordinasi dan interaksi dengan karyawan lain dan lingkungan sekitar
  3. Kemampuan berbahasa Jepang
  4. Penilaian langsung oleh atasan saat bekerja di perusahaan.
  5. Penilaian langsung pembimbing sehari-hari dari Kumiai.
  6. penandatanganan oleh pemimpin perusahaan dan/atau pemimpin Kumiai.

Cara mendapatkan hyouka choso?

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan Hyouka Chouso dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya

1. MENGHUBUNGI KEMBALI PERUSAHAAN TEMPAT MAGANG

Hubungi pihak perusahaan. Jika tidak dapat menghubungi atau tidak memiliki kontak perusahaan sebelumnya, cobalah meminta kepada kohai atau rekan kerja Anda dulu. Untuk nomor telepon perusahaan biasanya tercantum di website perusahaan.

2. MENGHUBUNGI perwakilan/KUMIAI

Beberapa kasus menunjukkan perusahaan tempat magang dahulu sudah tutup dan/atau mengalami kebangkrutan. Maka dari itu untuk mendapatkan hyouka choso tersebut kepada kumiai untuk memintakan hyouka chouso dengan bantuan sach/pimpinanperusahaan tempat magang dulu.

3. MEMANFAATKAN JASA PIHAK KETIGA

Ditemukannya kasus bahwa kedua pihak diatas akan sulit untuk bekerja sama. Maka cara lain untuk mendapatkannya yaitu meminta bantuan jasa kepada pihak ketiga untuk memudahkan mendapat hyouka choso.

Disini pihak ketiga adalah badan yang akan menjadi penengah antara calon peserta, perusahaan dan kumiai. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Telah Menyelesaikan Kontrak Magang 3 Tahun
  2. Kartu Nama atau Nomor Telepon Perusahaan Jika ada
  3. Bagi perusahaan besar yang mempunyai beberapa cabang, sertakan juga cabang dan bagian tempat kerja Anda dulu.

JITCO

Lembaga semi pemerintahan di Jepang yang memiliki tugas dan fungsi memberikan perijinan serta mengawasi pelaksanaan pelatihan kepada warga negara asing di Jepang. JITCO sendiri adalah singkatan dari Japan International Training Cooperation Organization. Setiap tenaga magang kerja di Jepang akan mendapakan sertifikat JITCO yang merupakan setifikat resmi kompetensi sesuai bidang magang kerja yang selain itu juga mendapatkan sertifikat kompetensi kerja dari tempatnya magang.

Sebenernya bekerja di Jepang dengan VISA SSW berbentuk personal antara pekerja dan perusahaan user di Jepang (skema mandiri). Proses Job-Matching Tokutei Ginou bagi peserta di Indonesia pun bisa melalui Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang (LPK/LKP), Pemerintah maupun langsung ke Perusahaan Penerima di Jepang (Toroku Shien Kikan)

Apa bisa mendaftar jika bidang saat Kenshuu / Jisshuu dulu berbeda?
Bisa. Asalkan, memiliki salinan data yang dulu dikumpulkan ke Imigrasi untuk mendaftar visa kenshuu/jisshuu sebelumnya. Data yang akan di-apply untuk Tokutei Ginou, history data-data nya harus sama dengan data-data yang dulu dikumpulkan untuk mendaftar visa kenshuusei atau jisshusei. Jika, ada data yang berbeda dengan dulu ketika kenshuu atau magang, maka dikhawatirkan CoE Tokutei Ginou nya tidak akan turun, karena datanya berbeda.

Apakah bisa berpindah tempat kerja saat nanti sudah di Jepang?
Bisa, selama masih di bidang yang sama

Jika pernah mengajukan VISA NANMIN atau VISA PENGUNGSI/SUAKA, apakah bisa mendaftar?
Tidak Bisa!

Apakah harus memiliki kemampuan bahasa Jepang?
Ya, peserta wajib memiliki Kemampuan Bahasa Jepang minimal di Level N4 dan sudah memiliki Sertifikat Kemampuan Bahasa Jepang JLPT N4/JFT Basic A2, juga sudah lulus Ujian Keterampilan Khusus (SSW). Jika belum memiliki Kemampuan Bahasa Jepang sama sekali, Anda bisa mengikuti kelas Intensif di SAMIT terlebih dahulu DAFTAR DISINI

Copyright © 2020 | sakuramitra.com
All rights reserved.
Visitors