JFT Basic

JFT Basic (Japan Foundation Test for Basic Japanese).

JFT Basic merupakan Ujian Bahasa Jepang Dasar, yang berfungsi sebagai tolak ukur untuk orang asing yang akan masuk ke negara Jepang dengan tujuan untuk bekerja, penilaian kualifikasi bahasa Jepang ini diperlukan dalam hal berkomunikasi, dalam kegiatan sehari-hari bagi para pekerja asing selama tinggal di Jepang.

Ujian ini mengacu pada kerangka dasar yang digunakan oleh institusi pembelajaran dan pendidikan bahasa-bahasa di Eropa (CEFR: Common European of Reference for Languages: Learning, teaching, assessment).

Berdasarkan acuan kerangka CEFR tersebut, The Japan Foundation mengembangkan “Standar Pendidikan Bahasa Jepang JF” yang disebut dengan “JF Standard” sebagai kerangka bagi pendidikan bahasa Jepang yang berkonsep pada “Bahasa Jepang untuk Pemahaman Lintas Budaya”.

JFT Basic akan diterapkan sebagai ujian yang mengukur standar kemampuan bahasa Jepang yang diperlukan untuk memperoleh status izin tinggal sebagai ”Pekerja Berketerampilan Khusus No.1” yang diberlakukan sejak 1 April 2019.

1. Prosedur Pendaftaran Ujian JFT Basic

Prosedur Pendaftaran Ujian


2. Target Ujian

Ujian ini diperuntukkan bagi orang asing yang tidak menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa ibu dan secara khusus ditujukan bagi orang asing yang akan datang ke Jepang untuk bekerja.

3. Metode Ujian

Ujian ini diselenggarakan dengan bentuk Ujian Berbasis Komputer (CBT: Computer Based Testing). Pengerjaan ujian akan dilakukan dengan menggunakan komputer yang tersedia di tempat ujian berlangsung pada masing-masing negara. Oleh karena itu, peserta ujian akan menjawab soal-soal yang ditampilkan pada layar komputer atau audio yang diperdengarkan melalui headphone

Gambar 1: Tampilan Layar Ujian CBT


Soal dan pilihan jawaban akan ditampilkan pada area tengah layar komputer. Di sekeliling area tersebut akan ditampilkan nama bagian, nama ujian, sisa waktu, kondisi jawaban, dsb.


Gambar 2: Layar pertanyaan

Gambar 3: Tampilan pop-up petunjuk soal dalam bahasa lokal

Pada ujian ini, petunjuk soal ditampilkan dalam bahasa Inggris. Anda akan dapat membaca petunjuk soal dalam bahasa lokal yang diinginkan jika menekan/ meng’klik’ tombol Your Language.

Jawablah seluruh soal ujian setelah Anda membaca dan memahami situasi dan kondisi yang disampaikan pada soal. Pada bagian pendengaran, audio akan diperdengarkan apabila peserta meng’klik’ tombol audio.

Silakan menjawab soal dengan meng’klik’ pada pilihan jawaban. Jawaban yang telah dipilih tersebut akan mengalami perubahan warna.

Informasi Terkait

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih detail tentang cara pengoperasian ujian pada layar komputer, silakan untuk melihat pada link berikut ini.https://www.youtube.com/embed/9mVVdNEdSvM

4. Struktur Ujian

Ujian ini terdiri atas 4 bagian yaitu “Huruf dan Kosakata”, “Percakapan dan Ungkapan”, “Pendengaran” dan “Pemahaman Bacaan”). Pada tabel 1 berikut ini menerangkan tentang struktur ujian serta target dari setiap soal. Jumlah soal kira-kira terdiri dari 60 soal dengan waktu ujian selama 60 menit. Tidak ada batasan waktu pengerjaan soal untuk setiap bagian.

Sumber : jpf.or.id

Tabel 1: Struktur Ujian & Target

BagianTarget BagianKategoriTarget Kategori
Huruf dan Kosakata (sekitar 15 soal)Mengukur kemampuan membaca teks bahasa Jepang yang digunakan dalam situasi kehidupan sehari-hari serta mengukur kemampuan penggunaan kosakata dasar.Arti kosakataMenanyakan arti suatu kosakata.
Penggunaan kosakataMenanyakan penggunaan suatu kosakata.
Membaca kanjiMenanyakan cara baca dalam tulisan hiragana tentang suatu kosakata yang ditulis dengan kanji.
Arti & penggunaan kanjiMenanyakan arti & penggunaan suatu kosakata yang ditulis dengan kanji.
Percakapan dan Ungkapan (Sekitar 15 soal)Mengukur kemampuan penggunaan tata bahasa & ungkapan yang diperlukan dalam percakapan pada situasi kehidupan sehari-hari.Tata bahasaMenanyakan kemampuan penggunaan tata bahasa yang sesuai dengan konteks percakapan.
UngkapanMenanyakan kemampuan penggunaan ungkapan yang sesuai dengan konteks percakapan.
Pendengaran (sekitar 15 soal)Mengukur pemahaman ketika mendengar percakapan & instruksi dalam situasi kehidupan sehari-hari.Pemahaman isi (interaksi secara sosial)Menanyakan kemampuan pemahaman isi melalui pendengaran suatu percakapan yang mengandung pertukaran informasi & interaksi sosial.
Pemahaman isi (interaksi di toko dan lembaga publik/umum)Menanyakan kemampuan pemahaman isi melalui pendengaran suatu percakapan yang terjadi di toko & lembaga publik/umum.
Pemahaman isi (instruksi, pengumuman)Menanyakan kemampuan pemahaman isi melalui pendengaran suatu instruksi, pengumuman, audio dsb.
Pemahaman Bacaan (sekitar 15 soal)Mengukur pemahaman ketika membaca surat, pemberitahuan & penjelasan dalam situasi kehidupan sehari-hari.Pemahaman isiMenanyakan kemampuan pemahaman isi ketika membaca teks singkat dan sederhana seperti surat dan pesan.
Pencarian informasiMenanyakan kemampuan untuk mencari informasi yang diperlukan dari suatu papan iklan, pengumuman harian & dokumen.

5. Kriteria Level

Ujian ini berdasarkan kerangka CEFR yang diadopsi ke dalam tingkat kemahiran bahasa Jepang pada JF Standard sebagai indikator kemampuan penyelesaian tugas yang merujuk pada “hal seperti apakah yang mampu dilakukan dengan bahasa Jepang?” Kemampuan penyelesaian tugas ini terbagi atas 6 level, yaitu: A1, A2, B1, B2, C1, C2, yang dinyatakan dalam Can-do (diawali dengan kata “mampu…”).

Silakan merujuk pada gambar 4 di bawah ini mengenai level-level tersebut.

Dalam ujian ini akan memuat soal-soal berdasarkan kerangka CEFR dan Can-do level A1-A2 JF Standard yang mencakup 4 bagian, yaitu: “Huruf dan Kosakata”, “Percakapan dan Ungkapan”, “Pendengaran” dan “Pemahaman Bacaan” guna mengukur kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Jepang yang diperlukan pada situasi kehidupan sehari-hari di Jepang. Ujian ini akan menilai apakah peserta tes memiliki kemampuan bahasa Jepang dengan standar level A2 dengan kriteria bahwa “dirinya mampu melakukan percakapan sehari-hari dan memiliki kemampuan selama hidup di Jepang tanpa adanya kesulitan”.

Kriteria level A2 dijelaskan pada bagian tengah dalam Tabel 2 di bawah ini.

Tabel 2: Kriteria Level A2 (Perbandingan dengan level terdekat)

LevelKriteria Level
B1・Mampu memahami inti pembicaraan yang disampaikan dengan bahasa standar mengenai topik yang dikenal baik yang mungkin ditemui dalam pekerjaan, sekolah atau dalam suasana santai.・Mampu mengatasi kondisi yang umum terjadi atau mungkin terjadi ketika bepergian di wilayah bahasa tersebut digunakan.・Mampu menulis wacana yang berkonteks yang saling berkaitan secara sederhana dengan topik mengenai diri sendiri atau hal yang menarik minat pribadi. Mampu menyatakan penjelasan singkat mengenai hal yang dialami, kejadian, cita-cita, harapan, ambisi, menyatakan penjelasan dan alasan mengenai suatu pendapat ataupun rencana.
A2・Mampu memahami ungkapan atau kalimat yang lazim digunakan yang berhubungan secara langsung dengan suatu wilayah, seperti informasi mendasar mengenai kondisi pribadi, keluarga, berbelanja, tetangga, pekerjaan, dan sebagainya.・Mampu menanggapi dalam suatu pertukaran informasi apabila interaksi lisan dilakukan secara sederhana dan dalam lingkup keseharian mengenai permasalahan keseharian yang dikenal baik.・Mampu menjelaskan dengan kalimat sederhana latar belakang diri sendiri, kondisi di sekitar diri sendiri, maupun permasalahan suatu wilayah yang dibutuhkan secara langsung.
A1・Mampu memahami dan menggunakan ungkapan dasar keseharian yang lazim digunakan atau ekspresi dasar untuk memenuhi kebutuhan konkret.・Mampu memperkenalkan diri ataupun orang lain, mampu bertanya dan menjawab mengenai informasi pribadi seperti tempat tinggal, kenalan, kepemilikan barang dst.・Mampu berkomunikasi lisan sederhana apabila lawan bicara berbicara secara lambat dan jelas, serta memberikan bantuan.

Tingkatan Referensi CEFR: Standar internasional dalam kemahiran berbahasa

6. Pengumuman Hasil Ujian

Hasil ujian akan diumumkan kepada peserta seperti yang dijelaskan dalam keterangan di bawah ini.

Hari berlangsungnya ujianPada layar komputer akan ditampilkan total skor dan hasil penilaian setelah waktu ujian berakhir.
Dalam lima hari kerja setelah ujianPeserta ujian dapat mengunduh pemberitahuan hasil penilaian resmi dengan masuk/login ke situs pendaftaran.

Melalui pengumuman hasil ujian, peserta ujian dapat melihat total skor dan memahami hasil penilaian berdasarkan skor tersebut. Total skor yang diperoleh tidak begitu saja dihitung berdasarkan jumlah jawaban yang benar, tetapi merupakan skor skala yang dihitung berdasarkan proses statistik yang disebut dengan “ekualisasi”. Adapun rentang total skor adalah 10 – 250 poin. Jika perolehan total skor mencapai atau lebih dari standar skor penilaian, yaitu 200 poin, maka peserta ujian dinilai telah “mencapai standar kemampuan percakapan sehari-hari dan kemampuan berbahasa Jepang selama hidup di Jepang tanpa adanya kesulitan”. Kemudian, persentase jawaban yang benar dalam setiap bagian ujian akan ditampilkan sebagai referensi bagi peserta tes.

Sumber : jpf.or.id

Copyright © 2020 | sakuramitra.com
All rights reserved.
Visitors